Jutaan foto secara massive di upload di Instagram setiap hari nya. Begitu banyak yang bisa ditemui dari  semua foto yang diunggah tersebut. Mulai dari perilaku orang, trend berpakaian setiap negara dari tahun ke tahun dan sebagainya. Hal ini menarik perhatian Researcher dari MIT untuk melakukan penelitian pada foto yang diupload di Instagram terhadap perkembangan peradaban manusia.

The algorithm reveals how clothing styles change over time

“Imagine a future anthropologist with access to trillions of photos of people—taken over centuries and across the world—and equipped with effective tools for analyzing these photos to derive insights. What kinds of new questions can be answered?”

Tim peneliti mengambil sample uji foto yang diupload di 44 kota dan mengunduh 100 juta foto di lokasi ini dalam kurun waktu lima hari antara June 2013 and June 2016.

Mereka menggunakan program standard pengenalan wajah (face recognition) dan mengesampingkan semua foto yang tidak ada wajah nya. Mereka juga memasukkan badan yang terlihat kedalam filter dan menghasilkan 15 juta foto yang teridentifikasi terlihat badan keatas.

Hasil penelitian lebih lanjut bisa dibaca di MIT Technology Review.

Yang jelas dari semua penelitian menunjukkan bahwa foto-foto yang dihasilkan oleh fotografer memiliki arti terhadap peradaban. Perubahan pola dan trend dari waktu ke waktu tercapture dengan tegas dan menjadi cerita untuk anak cucu dimasa yang akan datang. Kalau jaman dulu sebelum ada teknologi fotografi, kita meneliti peradaban mereka berdasarkan prasasti dan beberapa bangunan peninggalan yang masih tersisa.

Leave a Reply