Filter wajib fotografi landscape. Ada banyak sekali filter dengan berbagai merek diluar sana yang menjanjikan hasil maksimal. Terutama untuk fotografi landscape / keindahan alam semesta. Dalam tulisan kali ini kita tidak akan membahas tentang merek apa yang paling bagus. Tapi akan lebih kepada jenis filter apa yang akan memberikan hasil maksimal untuk landscape.

Filter wajib Fotografi Landscape

Waktu awal-awal dulu belajar fotografi, beberapa teman menyarankan untuk menggunakan filter. Banyak pilihan, salah satunya adalah filter UV (ultra violet), filter portrait, filter polarizer, ND, dan lain-lain. Sampai kadang bingung mau beli dan pakai yang mana terlebih dahulu. Dengan berjalannya waktu dan pengalaman menggunakan kamera. Hanya beberapa filter saja yang mumpuni dalam kondisi tertentu.

Hasil foto landscape dengan menggunakan filter
Hasil foto landscape dengan menggunakan filter

Berikut ini filter yang sangat vital dalam fotografi landscape:

Filter UV ? Nope

Ada banyak salah kaprah dalam penggunaan filter UV ini. Saya mengeluarkan filter UV ini dari filter vital untuk fotografi landscape. Karena filter ini tidak membawa pengaruh apapun dalam hasil foto. Malah akan menambah jarak lensa karena ada glass lain yang mungkin akan mendistorsi hasil foto.

Kalau untuk melindungi lensa agar tidak rusak atau tergores? Lensa terbuat dari kaca / Glass. Jadi kalau ada tergeser sedikit tidak akan berpengaruh banyak. Geseran langsung dengan kaca lensa bisa diatasi dengan menggunakan lens hood. Kalau tidak sedang memotret dalam kondisi seperti gempah bumi, badai atau kondisi extreme lain mending parkir dulu filter ini.

Filter Polarizer

Filter Polarizer ini menurut saya menjadi filter wajib punya bagi fotografer. Fungsi utamanya adalah memblok cahaya yang masuk. Sehingga cocok untuk memotret di cahaya yang sangat terang atau kalau ingin memotret slow speed.

Fungsi lain dari Filter polarizer adalah bisa meningkatkan warna / saturasi foto. Yang tidak kalah menarik adalah menambah pekat biru nya langit.  Dan juga menghilangkan relfection dan meningkatkan clarity foto.

Solid Neutral Density (Solid ND)

Filter Solid ND mempunyai fungsi utama memblok banyak cahaya utama yang masuk kedalam lensa. Sehingga dalam landscape photography biasanya dimanfaatkan untuk meningkatkan shutterspeed. Dengan demikian kita akan bisa mendapatkan foto dengan long expossure yang sangat cantik.

Graduated ND (GND)

Fungsi utama dari GND hampir sama dengan Solid DN. Hanya saja filter GND ini terdiri dari dua sisi. Yaitu sisi gelap / solid di sisi atasnya dan terang dibawah. GND sangat cocok untuk memotret dalam keadaan sangat terang dan sunset dan sunrise. Jika potret dengan tanpa filter, kita akan kehilangan salah satu sisi dari foto. Kalau bagian langit nya bagus biasanya bagian tanahnya jadi gelap dan sebaliknya.

Dengan GND kita bisa atur langitnya diblok dengan sisi gelap filter dan bagian bawah nya diposisikan dalam kaca terangnya. Dengan GND, menghasilkan foto sunset / sunrise yang menakjubkan bukan sekedar mimpi lagi. ^__^

Discuss

Demikian ulasan filter vital untuk fotografi landscape sesuai dengan pengalaman serta opini pribadi saya dan referensi video dari Professional Photography Tips. Silahkan tulis di kolom komentar dibawah jika ada masukan atau tambahan informasi yang kelupaan dari saya.

Leave a Reply